Announcement:

pengertianjaringandasarr.blogspot.com adalah blog yang membahas seputar komputer dan teknologi

Rabu, 15 November 2017

Langkah Membuat Jaringan Client-Server Sederhana

Pada postingan kali ini saya akan membagikan kepada kalian mengenai cara membuat skema jaringan client-server pada Cisco Paket Tracer. Jaringan ini terdiri dari 1 server, 1 switch dan 3 client.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat skema jaringan client-server pada Cisco Paket Tracer :
1. Buat lembar kerja baru.

2. Buat desain tampilan seperti gambar dibawah ini dengan 1 server, 1 switch dan 3 client.

3. Hubungkan semua perangkat ke switch dengan cara memilih connection, gunakan yang auto connect agar memudahkan kita dalam menarik/menghubungkannya karena auto connect otomatis dalam pemilihan kabel.

4. Klik icon server, lalu pilih tab service, kemudian pilih menu DHCP. Setelah itu pilih ON dan atur IP Address beserta gateway default kemudian klik save.

5. Setelah selesai melakukan langkah diatas tadi kita berpindah pada menu dekstop untuk mengatur IP Configuration dan gateway.

6. Klik pada icon PC/Client dan atur IP menggunakan opsi DHCP pada IP Configuration. . Lakukan hal yang sama pada PC/Client yang lain. Maka akan didapat IP Address untuk masing-masing client.

7. Langkah terakhir adalah melakukan testing dengan cara klik salah satu PC/Client, kemudian pada tab dekstop pilih command prompt dan lakukan langkah seperti pada gambar dibawah ini. Jika gagal maka akan terdapat tulisan Request Time Out.

Begitulah tadi langkah-langkah cara membuat skema jaringan client-server. Semoga apa yang saya buat tadi bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih

Share it Please
s

Rahmat Abdul Azis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Jaringan. Designed by Templateism | Love for The Globe Press